Prof Haerani, Perempuan Pertama Jabat Dekan FK Unhas, Punya Dua Gelar Spesialis

Muh Yusuf
Ketua Umum IKA Unhas Dr Andi Amran Sulaiman MP mengucapkan selamat kepada Dekan FK Unhas Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD SpFK MKes yang baru dillantik sebagai dekan.

MAKASSAR-celebes.iNews.id: Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD-KGH SpGK MKes menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas). Dia dilantik oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Ariestina MA, di gedung rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (16/3/2022).

Haerani yang akrab disapa Prof Nini atau dokter Nini oleh koleganya ini adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai dekan di FK Unhas. Sebelum menjabat dekan, dia dipercaya sebagai Wakil Dekan II FK Unhas yang membidangi sumbar daya manusia (SDM) dan keuangan.  

Prof Nini tercatat sebagai perempuan pertama yang menjadi dekan di fakultasnya setelah 66 tahun fakultas yang menghasilkan dokter ini berdiri. Selama itu, jabatan dekan selalu dijabat oleh pria.

“Alhamdulillah, saya bisa diberi amanah menjadi dekan di almamater saya. Mohon doanya semoga apa yang menjadi program kami bisa terlaksana sesuai rencana,,’ ujar dokter spesialis penyakit dalam (SpPD/Internis) ini.  

Sebagai dokter spesialis, Prof Nini juga melayani pasien di sejumlah rumah sakit seperti Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo beserta jejaringnya yang merupakan rumah sakit pendidikan bagi mahasiswa FK Unhas dan juga RS lain yang di Makassar seperti RS Siloam dan RS Mitra Husada.

Yang juga menarik pada sosok Nini adalah keberhasilannya meraih dua gelar spesialis yang berbeda. Selain sebagai internis,ini juga meraih gelar Spesialis Gizi Klinik (SpGK). Padahal pendidikan dokter spesialis bukanlah hal yang mudah karena memerlukan waktu yang terbilang cukup lama.

“Alhamdulillah, ini bisa saya jalani karena dukungan dari keluarga dan para senior kami di kedua bagian (departemen),’ kata dokter Nini usai peyematan brevet SpGK di Kampus Unhas, tahun 2013 lalu.

Tidak banyak dokter di negeri ini bisa meraih dua gelar spesialis berbeda. Karenanya, dia harus mampu mengatur waktu karena harus mengajar di dua departemen yakni ilmu penyakit dalam dan gizi klinik.  

Istri dari Dr M Nasser Mustari SpOT ini tak kenal lelah berburu ilmu. Tak puas hanya mengikuti pendidikan dokter spesialis, alumni SMA Negeri 1 Makassar ini juga melanjutkan pendidikan subspesialis/Konsultas Ginjal Hipertensi (KGH.).

Bahkan dia pun menempuh pendidikan hingga ke jenjang program doktoral (S3) setelah sebelumnya juga meraih felar magister kesehatan (MKes). Puluhan atau bahkan ratusan workshop dan simposium telah diikutinya baik di dalam maupun di luar negeri.  Bahkan, sebagian dari kegiatan terrsebut dokter Nini dipercaya sebagai pembicara atau pun trainer.  Sebelum menjadi WD II FK Unhas, Haerani juga sempat memegang jabatan di departemen ilmu penyakit dalam seperti sekretaris departemen yang sebelumnya bernama bagian ilmu penyakit dalam.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Dr Ir  Amran Sulaiman (AAS) memberikan ucapan selamat kepada Haerani dan dua dekan lainnya yang dilantik oleh Rektor Unhas, Rabu (16/3/2022), yakni Dekan Fakultas Pertanian Prof Dr Ir Salengke MSc dan Dekan Fakultas Teknik Prof Dr Eng Ir Irsan Ramli MT .

Mantan Menteri Pertanian di era pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla  ini mengaku bangga dengan prestasi alumni Unhas yang mampu menjadi pemimpin di almamaternya sendiri.

“Sebagai Ketua IKA Unhas, kami mengaparesiasi bahwa teman-teman alumni tetap mengabdi di almamaternya demi untuk membesakan dan atau bahkan menjaga nama besar fakultas masing-masing  dan juga universitas kebanggan kita ini,” ujar Amran yang juga menyelesaikan tiga jenjang pendidikannya di Unhas ini.

Editor : Nur Farida

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network