Logo Network
Network

Balapan Formula E Jakarta, Razak Wawo: Ini Momentum Diversifikasi Energi

Rusmad
.
Jum'at, 03 Juni 2022 | 19:55 WIB
Balapan Formula E Jakarta, Razak Wawo: Ini Momentum Diversifikasi Energi
Pengamat Energi, A Razak Wawo

JAKARTA-celebes.iNews.id: Balapan mobil Formula E yang digelar mulai Sabtu (4/6/2022) besok di kawasan Ancol, Jakarta akan menaikkan pamor Indonesia di mata Internasional yang mendorong penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Namun event itu harus dijadikan momentum untuk menjawab tantangan ke depan yakni bagaimana kita mampu menghadirkan dan mendistribusikan sumber energi listrik murah secara merata di seluruh Indonesia sehingga ketergantungan masyarakat pada sumber energi fosil mulai dikurangi,” ujar praktis yang juga pemerhati energi terbarukan, A Razak Wawo, saat dimintai tanggapannya, Jumat (3/5/2022) di Jakarta.   

Menurut Razak, untuk mewujudkan target pemerintah “elektrifikasi” (pemenuhan aliran listrik) secara merata di seluruh Indonesia dan harga yang terjangkau maka investasi pembangkitan energi listriknya pun juga harus efisien tanpa adanya praktik mark up. “Kalau cost pembangkit nya juga tinggi ya sama saja gak ngaruh, karena tentu nanti harga jualnya pun pasti mahal,” jelas Razak.    

Alumus Fakultas Teknikl Universitas Hasanuddin ini mengungkapkan, diversifikasi energi sangat diperlukan untuk menghindari ketergantungan terhadap satu jenis bahan bakar. Dari segi perlindungan lingkungan, diversifikasi dengan  menggunakan sumber yang dapat terbarukan dan lebih bersih juga dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Follow Berita iNews Celebes di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini