Insentif Kartua Prakerja 2023 Naik, dari Bantuan Buka Peluang Wirausaha hingga Lapangan Pekerjaan

Asfian Nur Muhammad
.
Jum'at, 06 Januari 2023 | 14:30 WIB
Pemerintah menaikkan bantuan bagi penerima manfaat program Kartu Prakerja tahun 2023, sebelumnya dari Rp.3,55 juta menjadi Rp.4,2 juta. Foto: Mnctrijaya.com

JAKARTA, iNewsCelebes.id - Pemerintah menaikkan bantuan bagi penerima manfaat program Kartu Prakerja tahun 2023, sebelumnya dari Rp.3,55 juta menjadi Rp.4,2 juta.

Dengan berfokus untuk peningkatan kompetensi dan keterampilan serta pemberian insentif yang akan disesuaikan.

Dikutip dari Mnctrijaya.com, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pada tahun ini, program Kartu Prakerja ditargetkan menjangkau 1 juta penerima, dengan fokus utama untuk melakukan pelatihan.
 
"Di 2023, program Kartu Prakerja dengan skema normal ditargetkan akan menjangkau 1 juta penerima. Dengan skema normal ini, metode pelatihan akan dilakukan secara offline, online, dan hybrid, serta insentif yang diberikan akan dilakukan penyesuaian," katanya.

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah mengatakan bahwa dari program tersebut, akan menciptakan tenaga kerja yang produktif dan siap untuk masuk dunia kerja, wirausaha, dan membuka lapangan pekerjaan.

“Peserta pelatihan belum tentu juga untuk mencari kerja, bisa juga untuk wirausaha karena mereka kan bisa memilih jenis latihan yang mereka inginkan,“ ujarnya di Jakarta pada Rabu, 4 Januari 2023.

Dia menambahkan, Kartu Prakerja dapat memberikan manfaat bagi yang belum dan telah mendapatkan pekerjaan.

Karena tujuan utama dari program tersebut adalah menaikkan kemampuan sehingga lebih mudah mendapat pekerjaan.

“Program ini kan utamanya untuk meningkatkan skill, kemampuan, bagi pekerja yang belum atau sudah mendapatkan pekerjaan. Program ini membantu menaikkan kemampuan, sehingga lebih lebih mudah mendapatkan pekerjaan,” jelasnya.

Follow Berita iNews Celebes di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini