get app
inews
Aa Read Next : Unhas Gelar Wisuda Periode IV Tahap 1 TA 2021/2022, Wali Kota Gorontalo Wisudawan Terbaik Jenjang S3

Fakultas Kedokteran Unhas Segera Buka Prodi Dokter Spesialis Bedah Anak

Selasa, 24 Mei 2022 | 14:37 WIB
header img
Fakultas Kedokteran Unhas segera membuka prodi PPDS bedah anak.

MAKASSAR-celebes.iNews,id: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) segera membuka program studi pendidikan dokter spesialis (Sp1) bedah anak (SpBA) setelah Majelis Wali Amanat (MWA) menyetujui pembukaan prodi tersebut.

Persetujuan MWA Unhas tersebut disampaikan setelah rapat terbatas yang berlangsung melalui zoom meeting, Selasa (24/5/2022).  Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua MWA Unhas Pro. Dr. Ir. Ambo Ala MS dan dihadiri oleh Rektor Unhas Prof  Dr Ir Jamaluddin Jompa  M.Sc,  jajaran anggota MWA, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir  Muh Restu, M), Senat Akademik, beberapa direktur dan kepala lembaga, serta Dekan FK beserta Tim Satuan Tugas pembukaan prodi PPDS Bedah Anak.

Dekan FK Unhas Prof Dr  dr Haerani Rasyid, SpPD-KGH SpGK. MKes  menjelaskan kehadiran prodi bedah anak sebagai upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) kesahatan  yang dibutuhkan masyarakat luas.

Merujuk pada data, dokter ahli bedah anak di Indonesia, hingga tahun 2021 hanya berjumlah 149 orang dengan jumlah rakyat Indonesia mencapai 270 juta jiwa.

"Jumlah dokter ini (SpBA)  tentunya tidak cukup untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi rakyat Indonesia. Apalagi, proses distribusi tenaga medis ahli bedah anak juga tidak merata. Masih banyak provinsi yang tidak memiliki dokter spesialis anak. Selain itu, institusi yang menyelenggarakan pendidikan dokter spesialis bedah anak hanya ada di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya yang tentu mempengaruhi rasio jumlah lulusan spesialis yang hanya 4-6 orang setiap tahunnya," jelas Prof. Haerani.

Editor : Nur Farida

Follow Berita iNews Celebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut